Asal usul "Kue Lumpur" yang begitu unik



Kalian tau kan makanan khas Jawa Barat yang sangat unik ?

yappp.. betul sekali Kue Lumpur, 

Tetapi.. kenapa sih namanya kue Lumpur ? kan yang kita ketahui lumpur itu kotor lalu kenapa dikaitkan dengan makanan ya?
konon katanya pernah terjadi suatu daerah yang Rakyatnya sama sekali tidak mampu lagi membeli bahkan hanya sepiring nasi. Naiknya harga makanan diakibatkan oleh tingginya harga minyak dunia, juga akibat pengaruh pupuk,irigrasi dan transportasi. Jagung dan gandum melonjak tajam. Tapi bagaimanapun,perut harus diisi. Mereka berkreatif dalam kemiskinan dengan membuat biskuit dari lumpur . Di daerah miskin ini, lumpur dibawa dalam ember,lalu mereka naik ke atap bangunan bekas penjara khusus untuk rakyat miskin,menyaring keluar kerikil dan rumput,lalu mengaduknya dengan shortening (sejenis bahan membuat kue) dan garam.Dengan sendok mereka membentuk pasta lumpur menjadi biskuit dan menjemurnya sampai kering di bawah sinar matahari yang terik.Biskuit lumpur yang sudah jadi itu diangkut ke pasar di dijual di pinggir jalan seharga 5 sen dolar Amerika atau sekitar 450 rupiah. Makanan alternatif rakyat miskin ini merupakan pilihan utama mereka yang 80 % hidup di bawah garis kemiskinan.Rasa biskuit lumpur ? Memiliki tekstur yang halus,namun langsung menyerap kelembaban dan segera mengeringkan lidah anda.

Namun tak perlu khawatir kue tersebut tidak lagi benar-benar dibuat dengan lumpur tetapi namanya saja lah yang selalu melekat dari generasi ke generasi yang justru malah membuat "Kue Lumpur" ini begitu unik dan memiliki sejarah didalamnya.

Komentar

  1. hai, boleh bagi info untuk penerbit dari artikel ini? saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang meneliti ttg kue lumpur, agak susah mendapatkan referensi buku tentang sejarah kue lumpur. terimakasih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Lumpur saus Choco